Visi dan Misi
Visi Sekolah
SD Negeri Bumijawa 02 memiliki visi “ Berbudaya SPIRIT (Terwujudnya peserta didik yang berbudi pekerti luhur dan bertaqwa, berbudaya sehat, prestasi, inovasi, ramah lingkungan serta tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi)”.
Indikator Visi Sekolah
Adapun indikator ketercapaian dari visi sesuai dengan variabelnya antara lain:.
1. Membentuk pribadi yang Berbudi pekerti luhur dan bertaqwa
2. Membentuk pribadi yang Berbudaya
3. Membentuk pribadi yang Sehat
4. Membentuk pribadi yang Prestasi
5. Membentuk pribadi yang Inovasi
6. Membentuk pribadi yang Ramah lingkungan
7. Dapat mengikuti perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi .
Misi Sekolah
Dalam upaya mengimplementasikan visi sekolah, SD Negeri Bumijawa 02 menjabarkan misi sekolah sebagai berikut:
1. Meningkatkan manajemen sekolah dalam mewujudkan visi.
2. Menciptakan suasana yang kondusif untuk membentuk kepribadian peserta didik yang memiliki iman dan taqwa serta berbudi pekerti luhur.
3. Mengoptimalkan pembelajaran aktif, inovtif, kreatif, efektif, dan menyenangkan untuk membentuk peserta didik yang berbudaya.
4. Mengembangkan pengetahuan di bidang IPTEK, bahasa, dan membina prestasi olahraga dan seni budaya sesuai bakat, minat, dan potensi sekolah.
5. Menggalakan kegiatan ekstrakulikuler sesuai dengan potensi yang dimiliki siswa.
6. Menjalin kerja sama yang harmonis antara warga sekolah dan lingkungan .
7. Menggalakan budaya bersih menuju hidup sehat.
8. Menjalin kerja sama sekolah dengan pihak lain.
Tujuan Sekolah
Tujuan yang diharapkan oleh SD Negeri Bumijawa 02 dalam implementasi kurikulum sebagai bentuk dan cara mewujudkan misi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:
Tujuan Jangka Pendek (1 Tahun ke depan)
a. Mengoptimalkan sarana prasana sekolah untuk menunjang rancangan pembelajaran yang memotivasi keinginan selalu belajar.
b. Menyelenggarakan sistem penilaian autentik serta dikembangkan dalam sistem digitalisasi.
c. Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan ibadah.
d. Meningkatkan simpati dan empati peserta didik dalam kepedulian sosial.
e. Merancang program sekolah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global di masyarakat.
f. Merancang pembelajaran yang bangga akan potensi daerah.
g. Menerapkan pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hingga sekolah.
h. Melaksanakan program dan pembelajaran HOTS untuk memperkuat bernalar kritis dan kreativitas.
i. Melaksanakan pembelajaran untuk mengasah kemampuan literasi dan numerasi.
j. Mempertahankan prestasi yang sudah tercapai sebelumnya.
k. Peserta didik memiliki sikap dan perilaku sebagai cerminan profil pelajar Pancasila.